Tips Lembur Kerja yang Baik dan Sehat

Tips Lembur Kerja yang Baik dan Sehat

Posted on

Lembur itu apaan sih? lembuh adalah suatu pekerjaan yang biasa dilakukan oleh karyawan atas dasar perintah dari atasan yang melebihi batas waktu kerja ditentukan biasa setiap harinya.

Apasih keuntungan dari lembur sendiri? Disaat seorang karyawan melakukan kerja lembur biasanya karyawan mendapatkan uang lebih atau uang lembur. Uang lembur tersebut adalah uang yang diberikan kepada karyawan yang telah melakukan pekerjaan yang diluar waktu kerja atau istirahat.

Sering lembur saat kerja? Nih admin punya beberapa tips yang baik untuk kalian yang suka lembur.

  1. Perhatikan Jumlah Asupan Makanan dan Minuman
    Ketika mulai merasa lelah, seringkali orang-orang mulai malas untuk makan. Padahal tubuh perlu mendapatkan asupan makanan yang cukup untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan bagi tubuh. Meski demikian pastikan tidak untuk makan yang berlebihan karena justru bisa membuat keadaan bertambah buruk. Makanlah makanan secukupnya  dan jangan berlebihan, dan jangan lupa untuk minum air putih, karena air putih sangatlah baik bagi tubuh.
  2. Memilih Makanan dan Camilan yang Tepat
    Hindari makanan yang mengandung gula dan pilihlah makanan seperti telur dan buah. Utamakan memakan protein dan serat, bukan karbohidrat. Fokuslah pada makanan sehat yang bisa memberikan tubuh energi dengan mudah. Contoh camilan sehat adalah buah-buahan.
    Berdasarkan dari sejumlah penilitan yang dilakukan dengan memberikan saripati ayam terhadap 20 responden, hasilnya adalah mereka yang rutin mengkonsumsi saripati ayam melaporkan peningkatan keaktifan dan penurunan keluhan nyeri dikepala saat kerja lembur. Dapat disimpulkan bahwa mengkonsumsi runtin sari pati ayam dapat mempengaruhi potensial terhadap metabolisme pengatur stres dan nyeri didalam tubuh.
  3. Luangkan waktu untuk olahraga di jam kera
    Meluangkan waktu untuk rutin berolahraga dijam kerja dapat membantu menjaga peredaran darah dan dapat membantu tubuh tetap waspada ketika merasa lelah. Pilihan orahraga yang baik adalah push-up. Lakukanlah push-up sebanyak 3 set dengan jeda 30 detik. Olahraga yang ringan ini tidak akan membuat tubuh banyak berkeringat, namun cukup untuk membuat tubuh tetap terjaga dan sehat.
  4. Pergunakan waktu tidur siang
    Tidurlah siang selama 20 menit secara rutin. Tidur siang setiap hari selama 20 menit sudah cukup untuk membuat tubuh kembali berenergi kembali. Waktu yang paling bagus untuk tidur siang adalah antar jam 1 siang sampai 3 sore.

Itulah tips yang bisa admin berikan agar tubuh kita selalu sehat walaupun kita sering lembur kerja.