Manfaat Tauge Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Tauge Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Tauge atau biasa disebut kecambah, adalah tumbuhan (sporofit) muda yang baru saja melewati tahap embrionik dari dalam biji. Tumbuhan ini berasal dari berbagai macam tanaman, manfaat tauge sebenarnya bisa anda dapatkan dengan menambahkan tauge di antara jenis makanan yang disajikan.

Mengingat manfaat tauge yang tergolong sangat banyak bagi kesehatan tubuh, Sebaiknya anda sesekali menyajikan tauge terlepas dari suka atau tidaknya anggota keluarga dengan makanan berbahan dasar tumbuhan ini. Tidak hanya itu saha, dalam tauge juga banyak terkandung vitamin essensial, seperti A, C, B1, K, dan B. Selain itu juga, tauge juga mengandung sejumlah nutrisi lainnya, contohnya kalsium, fosforus, magnesium, potasium, zat besi,omega 3, dan seratnya yang tinggi. Mendengar fakta tersebut, tidak berlebihan rasanya untukuk menyebut bahwa manfaat tauge sangatlah berlimpah bagi tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat dari tauge yang perlu anda ketahui :

  1. Memperlancar Pencernaan
    Mempunyai kadar enzim yang tinggi juga merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh tauge. Hal tersebut dapat membantu berbagai proses metabolisme dan reaksi kimiawi dalam tubuh. Selain itu, enzim juga penting untuk menghancurkan makanan secara efektif pada proses pencernaan. Tak hanya itu, serat yang terdapat pada tau juga penting untuk memperlancar proses pembuangan makanan dari dalam tubuh. Karena itu, tauge juga dikenal baik untuk mengatasi sembelit dan diare.
  2. Menurunkan berat badan
    Tauge merupakan termasuk salah satu makanan dengan kadar nutrisi tinggi, tapi sangat rendah dalam kalori? Hal ini secara otomatis akan mencegah anda agar tidak gemuk, walaupun terlalu banyak mengonsumsinya. Terlebih lagi, kandungan serat dalam tauge juga membantu anda cepat merasa kenyang, sehingga jika kebanyakan makan dan camilan dua penyebab obesitasĀ  dapat anda hindari. Hebat, kan?
  3. Mencegah dan menangani anemia
    SedikitĀ  yang mengetahui bahwa tauge memiliki kandungan zat besi yang amat tinggi. Jadi jangan salah, bahwa zat besi ini penting sekali lho, untuk pembentukan hemoglobin dalam tubuh. Maka dari itu, rutin mengonsumsi tauge dikatakan dapat menurunkan risiko anda terkena anemia. Tak sebatas itu saja, tauge juga diyakini kaya akan asam folat, yang berfungsi untuk memperlancar proses produksi sel darah merah dan asam amino. Kebanyakan diantara jenis kecambah juga dipadati oleh kandungan vitamin C yang berguna untuk membantu penyerapan zat besi lewat usus sebagai guna mengobati dan mencegah anemia yang biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi.
  4. Menurunkan resiko penyakit jantung
    Dengan adanya kandungan omega 3 yang tinggi, tauge juga mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat di dalam arteri dan pembuluh darah. Omega 3 inilah yang sangat berperan sebagai anti peradangan alami dan meredakan tekanan dalam sistem kardiovaskular. Selain itu, kandungan potasium yang terdapat dalam tauge ini juga membantu dalam mengurangi tekanan darah anda dan dapat melepaskan ketegangan dalam pembuluh darah dan arteri. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi dan oksigenasi dalam darah, sekaligus memperkecil kemungkinan anda terkena stroke dan serangan jantung.
  5. Meningkatkan kesuburan
    Yang terakhir, tauge ternyata dapat pula memperbesar kemungkinan anda memiliki buah hati, lho! Yang pertama, kandungan vitamin E di dalam tauge dapat meningkatkan kualitas sperma. Jika kualitas sperma baik, tentunya mereka akan lebih cepat mencapai dan membuahi sel telur sebelum menjadi letal. Selain itu, bagi wanita, kandungan di dalam tauge dapat pula memperlancar menstruasi dan mencegah datangnya penyakit sehingga rahim tetap terjaga sehat.

Kesimpulan :

Banyak sekali manfaat dari tauge. Untuk anda yang tidak suka tauge cobalah sesekali memakannya, karena tauge ini sangat baik bagi tubuh kita ini. Terima kasih sudah mampir dan mau membaca, semoga artikel ini sangat bermanfaat.