Manfaat Sayur Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Sayur Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Bayam dikenal sebagai sumber protein yang tinggi. Bayam sering dipilih sebagai lauk favorit oleh masyarakat Indonesia. Memakannya setiap hari bahkan diklaim dapat menjaga tubuh dari segala jenis penyakit berbahaya, mulai dari stroke, gangguan otak, bahkan jantung.

Tidak hanya itu, sayuran hijau yang satu ini juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah hebat. Apa saja sih manfaat dari sayur bayam ini? Kita akan membahasnya satu persatu.

  1. Minim akan kalori
    Sayuran hijau seperti bayam mengandung kalori yang cukup rendah. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, 1 cup atau setara dengan 250 gram bayam mentah hanya memiliki sekitar 7 kalori saja, sehingga sangat bagus bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan.
  2. Dapat meningkatkan kesehatan otak
    Bayam dikenal sebagai salah satu sayuran yang penting bagi kesehatan bagi otak. Kandungan mineral seperti asam folat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan antioksidan yang dimiliki bayam dapat membantu mencegah gangguan fungsi neuronal dan kognitif otak.
  3. Kaya akan vitamin dan mineral
    Mengkonsumsi bayam setiap hari dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian bagi tubuh. Bayam dikemas dengan asam folat, vitamin C, vitamin A, kalsium, zat besi yang bisa membantu melindungi tubuh dari beragam penyakit serius seperti diabetes, batu ginjal, kanker, serangan jantung dan stroke.
  4. Meningkatkan kesehatan mata
    Sayur bayam sangat tinggi akan kandungan beta karoten, xanten dan lutein. Ketiga zat tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga mata agar senantiasa tetap sehat. Selain itu, mengkonsumi bayam secara rutin juga bisa mencegah peradangan dan iritasi pada mata.
  5. Melawan osteoporosis
    Bayam sangat kaya akan sumber vitamin K, yang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bukan hanya itu saja, vitamin K dalam bayam juga diklaim dapat mencegah dan mengobati penyakit osteoporosis.
  6. Meningkatkan metabolisme
    Protein yang terkandung dalam bayam juga dapat melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Selain itu, menyisipkan bayam dalam menu sehari-hari juga bisa membuat perut tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.
  7. Mencegah peradangan
    Sayur bayam memiliki zat antiinflamasi yang cukup tinggi. Zat tersebut berperan untuk mencegah dan juga mengobati peradangan yang disebabkan oleh kuman dan bakteri. Mengkonsumsinya secara rutin juga bisa mencegah munculnya atheroklerosis, penyempitan dan penebalan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri.
  8. Mencegah anemia
    Bayam merupakan salah satu sumber asupan zat besi yang sangat baik. Tetapi, bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi ketika dikonsumsi. Untuk menyiasatinya, kamu dapat mengkonsumsi vitamin C yang bisa membantu penyerapan zat besi.
  9. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
    Salah satu manfaat sayuran bayam adalah menurunkan resiko menderita penyakit kardiovaskula. Penyakit kardiovaskuler, adalah suatu kondisi di mana terjadi penyempitan atau penyumbatan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada (angina), atau stroke.
    Hal ini bisa terjadi karena bayam kaya akan serat dan mineral yang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.
    Namun juga perlu diingat, bahwa mengkonsumsi bayam saja tidak dapat menangkal semua penyakit di atas. Menjaga kesehatan tubuh tidak hanya dengan memerhatikan pola makan atau mengkonsumsi satu jenis makanan saja, akan tetapi juga dengan rutin berolahraga, cukup tidur, serta mengurangi stres.
    Selain memperhatikan cara mencuci dan menyimpan bayam, pastikan juga peralatan dapur kamu terbebas dari kuman dan bakteri. Jangan sampai lupa untuk selalu mencuci peralatan dapur serta spons pencuci piring dengan menggunakan sabun dan air, agar tidak terkontaminasi oleh bakteri dan kuman yang tertinggal.
    Bayam dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan yang sangat mudah dibuat, seperti sayur bening, dan juga tumisan.
    Catatan untuk kamu semua, segera habiskan sayur bayam yang sudah kamu buat. Hindari memanaskannya kembali, karena proses pemanasan tersebut malah mengurangi kandungan gizi dari bayam.

Nah mulai sekarang coba mulai perbanyak konsumsi bayam, karena bayam sangatlah bagus untuk tubuh.