Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Khasiat dari kayu manis telah terbukti baik untuk kesehatan tubuh. Rempah yang memakai bagian kulit dari batang pohon kayu manis ini banyak terdapat di Negara Indonesia khususnya di wilayah Sumatera.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa ada jenis tertentu dari kayu manis yaitu kayu manis cassia, dapat menurunkan penyakit seperti gula darah pada penderita diabetes. Namun, penelitian lainnya masih belum menemukan manfaatnya. Manfaat kayu manis lainnya yang dapat menurunkan kolesterol dan mengobati infeksi jamur pada orang dengan HIV juga mash belum bisa dikonfirmasi.

Studi laboratorium telah menemukan bahwa kayu manis dapat mengurangi peradangan, serta memiliki efek antioksidan, dan melawan bakteri. Akan tetapi, penemuan ini masih harus diteliti lebih dalam lagi untuk mengetahui resiko yang mungkin dapat ditimbulkan.

Kayu manis sendiri terdiri dari 2 macam, yaitu kayu manis yang disebut Cinnamon Ceylon dan Cinnamomum aromaticum. Kayu manis Cinnamon Ceylon merupakan rempah yang sering dipakai di dunia Barat, sementara kayu manis Cinnamomum aromaticum merupakan rempah yang sering digunakan di China Selatan dan harganya jauh lebih murah daripada kayu manis yang di daerah Barat.

Manfaat Dari Kayu Manis

Kayu manis bisa dipakai sendiri atau dicampur dengan bahan yang lain seperti madu, jahe, kunyit dan sebagainya. Berikut manfaat kayu manis yang perlu kamu ketahui:

  • Mengontrol kadar gula dalam darah
    Kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dimana sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Kayu manis juga mampu membantu proses pencernaan setelah makan sehingga dapat membantu memperbaiki respon insulin bagi mereka yang menderita sakit diabetes tipe 2. Mengkonsumsi ini diyakini dapat mengatasi triglycerides, kolesterol buruk dan kolesterol serta tingkat gula darah bagi pasien diabetes. Khasiat dari kayu manis untuk kesehatan jantung juga telah terbukti karena dapat mencegah sakit jantung pada pasien diabetes.
  • Menghangatkan tubuh
    Kayu manis sering dipakai didalam pengobatan herbal China untuk menghangatkan tubuh. Karena itulah kayu manis sering dicampur pada teh atau dibuat dengan minuman yang hangat. Selain itu, kayu manis dapat diolah untuk mengatasi penyait demam atau flu karena kayu manis memiliki zat yang dapat menghangatkan tubuh dan membuat badan jadi lebih nyaman.
  • Anti infeksi
    Kayu manis memiliki kandungan zat anti infeksi alami dan sudah banyak sekali studi yang menemukan bahwa kandungan yang ada dalam kayu manis cukup efektif membunuh bakteri H. Pylori. Bakteri ini bisa memicu sakit maag serta memicu banyak penyakit yang lainnya.
  • Menurunkan kadar kolesterol
    Kandungan didalam kayu manis seperti serat, mineral, dan kalsium dapat meningkatkan kesehatan pencernaan di usus. Selain itu kayu manis juga dapat membantu pencegahan penyakit seperti jantung dan menurunkan kolesterol. Ditambah lagi serat dan kalsium pada kayu manis juga dipercaya dapat mencegah sakit kanker usus, konstipasi dan diare.
  • Membantu mengurangi berat badan
    Khasiat dari kayu manis dapat menurunkan berat badan dengan cara meminum ramuan kayu manis secara rutin. Ramuan kayu manis dapat diminum bagi yang mengalami penderita obesitas ataupun mereka yang menginginkan tubuh ideal. Cara untuk membuat ramuan dari kayu manis ini sangatlah mudah: 1 sdm kayu manis atau 2 batang kayu manis ditambah 1 gelas air. Didihkan semua bahan tersebut dan bisa juga ditambah dengan 2 sdm madu. Konsumsi setiap pagi setelah bangun tidur agar tubuh kamu merasa hangat serta kesehatan tubuh pun terjaga.
  • Mencegah penggumpalan darah
    Kayu manis menghasilkan minyak yang disebut cinnamaldehyde yang berfungsi untuk mencegah penggumpalan darah. Asam lemak anti-radang arachidonic juga memilik manfaat dalam mengurangi radang. Karena inilah kayu manis sering sekali diminum secara rutin.
  • Mengatasi rematik
    Rempah yang satu ini juga bisa dipakai untuk mengatasi sakit rematik. Menurut studi yang dilakukan oleh Department of Internal Medicine, kayu manis juga memiliki rmanfaat dalam mengurangi sitokin yang merupakan penyebab utama dari rematik.
  • Mencegah kanker
    Kayu manis bisa dikonsumsi sebagai pencegahan kanker. Kandungan yang ada pada rempah ini sudah dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Sebuah studi di University of Texas menyatakan bahwa kayu manis mampu mengurangi proliferasi kanker.

Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi kayu manis untuk mendapatkan khasiatnya. Tentu saja dengan takaran yang sesuai. Agar lebih aman konsultasikan dengan Dokter terlebih dahulu sebelum meracik ramuan dari kayu manis ini. Sekian dan terima kasih, semoga kamu semua mendapatkan manfaat setelah membaca artikel ini.