Manfaat Kafein Bagi Jantung

Manfaat Kafein Bagi Jantung

Posted on

Kafein! Apa yang terlintas dikepala anda ketika mendengar “kafein”?

Mungkin sebagian dari anda akan berpikir kafein adalah penyebab terjadinya jantung berdebar dengan sangat cepat, zat adiktif yang terkandung membuat candu, dan tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Tetapi dilain sisi, melainkan banyak orang yang mengkonsumsi kafein dengan melalui secangkir kopi untuk memulai aktivitasnya. Kopi sangatlah dipercaya penggunanya karena dapat mengurangi depresi, meninkatkan kinerja otak, dan membuat seseorang lebih bersemangat menjalani hari.

Dari keterangan diatas “kafein penyebab terjadinya jantung berdebar sangat cepat” lantas apakah kafein tergolong sangat berbahaya bagi jantung atau sebaliknya?

Mari kita simak Manfaat kafein bagi jantung :

  1. Menimilisir Resiko Serangan Jantung
    Ketika saat mengkonsumsi kafein dalam kopi, kemungkinan jantung akan berdetak kencang dan anda akan perbikir hal ini membuat kinerja jantung menjadi tidak normal seperti yang seharusnya.
    Tetapi ada penilitian yang dilakukan di rumah sakit Kangbuk Samsung, Seoul, Korea Selatan dengan melibatkan 25.000 partisipan yang terdiri dari pria dan wanita yang tidak memiliki tanda-tanda penyakit jantung sebelumnya minimal 3-5 cangkir kopi sehari memiliki kalsium lebih sedikit 40% dalam arteri koronernya, dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi.
    Dari hasil penelitian sejalan dengan berbagai analisa berbeda di kurun waktu sebelumnya yang menyatakan, jika kopi sangatlah efektif untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2
  2. Dilarang untuk penderita penyakit jantung koroner
    Meskipun hasil penelitian menunjukan bahwa jika mengkonsumsi kafein dapat meminimalisir resiko penyakit jantung, bahkan jika anda sudah mengidap jenis penyakit jantung tertentu anda masih diperbolehkan untuk meminum kopi. Tetapi hal ini tidaklah berlaku bagi pendertia penyakit jantung koroner.
    Dikarenakan kandungan kafein dalam kopi ini akan meningkatkan denyut jantung kemudian dapat menyebabkan pembuluh darah yang menuju jantung mengalami penyempitan dan dapat mengganggu kinerja jantung dalam memompa darah. Untuk penderita penyakit jantung koroner jantung yang tidak biasa ini akan menyebabkan nyeri dada, sesak nafas, jatuh pingsan, bahkan serangan jantung mendadak.
  3. Membersihkan Jantung
    Satu hal yang bisa memicu terkena serangan jantung mendadak adalah masuknya bakteri dari gigi berlubang ke jantung, penumpukan lemak dan kolestrol yang bersarang pada pembuluh jantung. Jikalah anda ingin mencoba membersihkan zat-zat ini dari jantung, kopi hitam tanpa gula bisa menjadi solusinya. Anda juga harus mengkonsumsi kopi setiap pagi dan sore hari.
  4. Mengurangi resiko penyakit diabetes
    Jika penyakit jantung yang dialami sudah berada dalam tahap suda kritis, secara umumnya bisa memicu datangnya penyakit lain seperti stroke, gagal jantung, diabetes, kolestrol. Tentu saja hal ini dapat memicu penyakit komplikasi. Rutinlah mengkonsumsi kafein dalam kopi, anda sudah mengurangi resiko terkena diabetes. Dikarenakan kopi mampu mengontrol kadar gula darah dengan meningkatkan hormon insulin pada tubuh secara alami
  5. Mencegah penyakit stroke
    Kafein yang terpadat pada kopi hitam menolong dalam menstimulasi kegiatan saraf serta mengasah metabolisme dalam tubuh untuk menyediakan gizi baik bagi aktivitas saraf dan otak. Kafein juga berkhasiat sebagai antioksidan yang dapat mencegah peradangan otak. Bahkan telah diteliti bahwa kopi hitam dapat mengobati penyakit Parkinson dan Alzheimer. Jika kafein dalam kopi dapat menjaga aktivitas saraf dan otak dengan baik tentu saja hal ini juga mencegah datangnya penyakit stroke.
  6. Menjaga berat badan tetap ideal
    Bagi kalian yang sering mengkonsumsi kopi dan sedang melakukan diet. Ini kabar baik bagi kalian. Karena kafein dalam kopi mampu mengasah metabolisme tubuh 3-11% dan membakar lemak sekitar 10-29%. Hal ini juga dapat mengurangi lemak pada jantung, dan mencegahnya datangnya penyakit kolestrol. Dan ini yang paling penting mencegah obesitas yang memperbesar peluang terserang penyakit jantung.

Kesimpulan :

Jantung yang sehat adalah hal yang sangat penting demi keberlangsungan hidup. Dengan mempunyai jantung yang sehat maka anda dapat beraktivitas dengan baik. Untuk menjaga agar jantung tetap sehat anda dapat mengkonsumsi kopi hitam namun jangan terlalu kental dan jangan pernah menambahkan gula jika anda ingin mendapatkan manfaat dari kopi. Sayangilah jantung anda.