Gejala dan Penyebab Perut Kembung Serta Cara Mengatasinya

Gejala dan Penyebab Perut Kembung Serta Cara Mengatasinya

Posted on

Cara mengatasi perut yang kembung dapat dilakukan dengan secara alami atau dengan bantuan obat tablet atau cairan. Perut kembung sebenarnya adalah salah satu dari gangguan pada pencernaan yang membuat perut seseorang terasa sesak, penuh dan tidak nyaman. Terkadang perut juga terlihat seperti membesar dan keluhan semacam ini bisa diderita baik pada orang dewasa maupun mereka yang masih anak-anak.

Gejalanya:

Perut terasa penuh dan sesak, terdapat pembengkakan pada perut, perut terasa bergejolak, sering bersendawa , gas yang ada di perut, perut terasa nyeri, sering buang angin (kentut), dan terkadang pula perut terasa kram.

Penyebabnya:

Sembelit, merokok, menelan udara saat minum/ makan, berat badan meningkat secara drastis, makan terlalu cepat, naik turunnya hormon, pertumbuhan bakteri yang ada di usus kecil, dan terdapat sesuatu dalam kondisi medis tertentu.

Dalam hal kondisi medis tertentu bisa terjadi sebagai gejala penyakit kronis, contohnya kanker ovarium, celiac, dan gangguan fungsi pankreas.

Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Tradisional

Berikut ada berbagai cara mengatasi perut kembung yang terus menerus dengan cara tradisional yang bisa dilakukan yaitu:

  1. Jahe
    Jahe memiliki kandungan yang disebut sebagai shogaols dan gingerol yang sangat bermanfaat untuk mengobati radang yang terdapat pada usus. Kandungan ini juga baik untuk membantu pencenaan yang sedang mengalami masalah seperti perut kembung. Kamu cukup mengkonsumsi air rebusan dari jahe dan ini akan memicu pengurangan gas yang ada didalam perut sehingga perut yang tadinya terasa penuh dapat diatasi.
  2. Daun Pepaya
    Daun pepaya bisa dipakai dalam mengatasi perut kembung khususnya jika disebabkan karena masuk angin. Minumlah air dengan rebusan dari daun pepaya yang dalam pengolahannya sangat mudah. Cukup ambil beberapa lembar daun pepaya, lalu cuci terlebih dahulu, kemudian rebus dan saring. Bisa ditambahkan sedikit madu lalu minum dalam keadaan masih hangat.
  3. Bawang Putih
    Bawang putih tidak hanya berfungsi sebagai bumbu dapur, namun juga sebagai obat tradisional yang manjur bagi seseorang yang mengalami perut kembung. Cara mengobati perut kembung dengan bawang putih yaitu ambil beberapa siung lalu tumbuk sampai halus. Rebus tumbukan bawang yang tadi dengan air dan tambahkan biji jintan juga lada hitam. Aduk dan rebus ketiga bahan itu sampai mendidih, saring dan tunggu sampai dingin. Minumlah air dari rebusan tersebut sehari 3 kali.
  4. Jus jeruk
    Buatlah dan konsumsi jus jeruk sebagai cara mengatasi perut yang kembung dan mual. Jeruk mengandung vitamin C yang sangat berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga ketika daya tahan meningkat maka kemungkinan sakit pencernaan seperti perut kembung dapat diatasi dan dicegah. Kamu bisa meminum jus jeruk atau makan buah jeruk sebagai pilihan yang mudah.
  5. Peppermint
    Di dalam peppermint terdapat kandungan yang bermanfaat seperti mentol serta anti-spasmodik dan kandungan ini bermanfaat dalam membuat perut terasa lebih nyaman. Kamu hanya cukup mengunyah daun peppermint yang masih segar untuk mengurangi rasa sebah di perut. Namun untuk wanita yang sedang hamil, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter sebelum mengunyah peppermint.
  6. Cuka
    Cuka yang bisa digunakan untuk mengatasi perut yang kembung pada anak dan orang dewasa yaitu cuka sari apel dan cuka putih. Cuka sari apel tidak hanya bermanfaat dalam menghilangkan perut kembung, namun juga bisa dipakai untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Kamu cukup masukkan 2-3 sendok malam cuka sari apel ke dalam air yang hangat kemudian langsung diminum. Untuk cuka putih bisa dipakai jika tak ada cuka sari apel, penggunaannya juga sama, cukup campur 2-3 sendok makan cuka putih ke dalam air yang hangat, lalu langsung diminum.

Cara mengatasi dengan obat tablet/ cair

Memang penggunaan obat tablet/ cair disarankan kalau pengobatan tradisional tetap tidak bisa mengatasi perut yang kembung. Meski begitu, periksakan diri ke dokter terlebih dahulu. Jika penyebabnya adalah makanan seperti sayuran dan kacang-kacangan yang tidak bisa dicerna, maka kamu bisa mengkonsumsi enzim tablet atau cairan bernama alpha-D-galactosidase.

Yang terpenting yaitu melakukan pencegahan agar perut kembung tak kambuh lagi. Kurangi mengkonsumsi minuman bersoda serta hindari makanan penghasil gas contohnya seperti sayuran berjenis kubis dan kacang-kacangan. Selain itu, juga sangat disarankan kamu mengurangi berat badan bagi penderita obesitas karena orang yang berat badannya berlebih lebih rentan terkena perut kembung.

Sekian artikel yang dapat admin berikan, semoga artikel ini dapat bermanfaaat sebagai pengetahuan bagi kalian yang membacanya.