Cara Mengatasi Sulit BAB

Cara Mengatasi Sulit BAB

Posted on

Sulit buang air besar (BAB) ? Simak berikut cara mengatasinya.

Gangguan kesehatan bisa beraneka macam. Salah satu contohnya adalah gangguan kesehatan pencernaan yang ditandai dengan adanya susah buang air besar atau biasa yang kita sebut dengan sembelit. Sembelit adalah keadaan dimana tidak bisa melakukan buang air besar selama beberapa hari, sekitar 3 harian lebih, dengan keadaan feses yang kering sehingga sulit untuk dikeluarkan. Biasanya volume feses yang dikeluarkan lebih besar dan kering sehingga menyebabkan rasa sakit saat mengeluarkannya. Ada beberapa penyebab umum yang mungkin bisa mengakibatkan susah buang air besar. Terutama beberapa kebiasaan buruk yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Penyebab Umum Susah Buang Air Besar

Segala sesuatu yang berakibat pasti akan memiliki penyebab. Begitu juga dengan susahnya buang air besar, pasti ada alasan tertentu kenapa seseorang bisa seperti itu. Bisa dikarenakan kebiasaan-kebiasaan buruk yang mereka lakukan ataupun bisa juga karena keturunan. Nah kebiasaan-kebiasaan apa saja sih yang bisa menyebabkan susah buang air besar?

  1. Pola Makan Tidak Sehat
    Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat bisa menyebabkan susah buang air besar. Salah satunya adalah kurangnya asupan serat yang masuk ke dalam tubuh sehingga proses pencernaan menjadi kurang lancar. Maka dari itu, mulai sekarang biasakanlah memakan makanan yang kaya akan serat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, serta sayur mayur.
  2. Stress
    Stress merupakan salah satu gangguan psikologis yang hampir setiap orang pasti merasakannya. Ternyata, stress atau depresi ini juga bisa jadi penyebab gangguan pencernaan sehingga membuat buang air besar terasa susah. Maka dari itu, isilah pikiran-pikiran kita dengan hal-hal yang positif, missal jika lelah kita sebaiknya beristirahatlah.
  3. Kurang Minum Air
    Air adalah komponen yang sangat penting dalam proses pencernaan dan metabolism bagi tubuh. Kekurangan cairan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti gangguan pada ginjal, hati, serta pencernaan. Kurangnya cairan bisa menyebabkan feses yang dihasilkan bertekstur keras dan sulit dikeluarkan sehingga menyebabkan sembelit. Maka dari itu, biasakanlah minum air putih secara teratur dan rutin minimal 8 gelas perhari.
  4. Pengaruh Obat-Obatan Tertentu
    Ketika kita mengkonsumsi obat-obatan tertentu pasti menimbulkan efek samping,‘kan? Nah efek samping inilah yang bisa memrpengaruhi dalam proses pencernaan dan pengeluaran sisa-sisa metabolisme dalam tubuh.
  5. Dalam Kondisi Hamil
    Sebagian besar ibu yang hamil akan merasakan pahitnya sembelit atau konstipasi, ini sudah hal yang biasa. Karena saat hamil, mereka akan menghasilkan hormon progesteron lebih banyak dan menjadikan otot mengendur sehingga menyebabkan usus akan sulit melakukan kontraksi.
  6. Pengaruh Kondisi Kesehatan
    Susah buang air besar ternyata bisa disebabkan oleh adanya pengaruh kondisi kesehatan setiap manusia. Bisa saja, susah air besar ini bisa diakibatkan karena adanya penyakit lain yang ada di tubuh kita, seperti diabetes, peradangan usus, dan lain sebagainya.
  7. Menunda Buang Air Besar
    Salah satu kebiasaan paling buruk yang sering kita lakukan adalah menunda-nunda buang air besar. Hal ini malah berdampak buruk, karena kotoran-kotoran yang seharusnya keluar justru menumpuk jadi satu karena saatnya dikeluarkan malah tidak dikeluarkan. Akibatnya, feses akan menjadi lebih mengeras dan berukuran lebih besar sehingga lebih sulit dikeluarkan daripada sebelumnya.

Cara Mengatasi Susah BAB Dengan Bahan Alami

Rasanya pasti sangat mengganggu sekali ketika sembelit itu datang. Perut akan terasa sangat sakit dan anus akan terasa lebih perih saat mengeluarkan feses. Jika berlangsung berlarut-larut, jangan malah diabaikan! Segeralah diobati. Kalian bisa langsung pergi ke dokter dan berkonsultasi langsung dengan mereka. Biaya yang diperlukan biasanya masih standar jika hanya untuk mengatasi sembelit. Akan tetapi, masih ada beberapa orang yang lebih menyukai pengobatan tradisional buatan sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alam yang sudah ada. Nah seperti apa saja sih bahan dapat dijadikan obat alami sembelit ?

  • Air Putih
    Seperti yang pernah dijelaskan sebelumnya bahwa air putih sangat berperan penting bagi proses pencernaan dalam tubuh. Maka dari itu, ketika sembelit cobalah minum air putih sebanyak mungkin dan kemudian merutinkannya. Secara perlahan-lahan, sembelit tersebut akan teratasi.
  • Pepaya
    Banyak orang yang telah memercayai pepaya dapat membantu kita mengatasi sembelit. Soalnya, pepaya ini mengandung enzim papain yang sangat berguna untuk mengontrol jika susah buang air besar. Selain itu, dengan kandungan serat dan air yang ada di dalamnya, tidak diragukan lagi jika pepaya ini sangat direkomendasikan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.
  • Alpukat
    Alpukat memiliki kandungan kadar serat yang sangat tinggi, dan biasanya alpukat ini sering disebut sebagai pelancar buang air besar. Selain itu, dalam buah alpukat juga memiliki fungsi untuk menekan lonjakan gula darah setelah kita makan.
  • Pisang
    Salah satu buah yang mengandung banyak akan serat adalah pisang. Banyak yang menggunakan pisang sebagai obat alami jika mengalami susah buang air besar. Selain itu, pisang juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dan mengurangi penyakit seperti jantung.

Nah Itulah bagaimana penyebab dan cara mengatasinya suang BAB. Jadi jika anda merasa sulit buang air besar bisa dicoba cara diatas.