Cara Memilih Headphone dan Earphone Bagi Pemula

Cara Memilih Headphone dan Earphone Bagi Pemula

Posted on

Kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara memilih headphone dan earphone bagi pemula. Kenapa saya membahas ini? Karena saya sudah sering melihat banyak orang yang bingung memilih headphone atau biasa disebut headset yang bagus untuk digunakan saat mendengarkan musik , film, dan game. Tapi dari segala macam bentuk, harga, merk orang pasti bingung untuk memilih headphone yang bagus untuk dipakai. Saya sendiri pun juga pernah mengalami pengalaman yang sama, sebenernya ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat mau membeli headphone.

Langsung saja saya kasih tau cara bagaimana memilih headphone dan earphone yang baik sesuai keinginan :

  1. Budget
    Perlu diketahui membeli headphone / headset kalian harus memperhatikan budget terlebih dahulu. Sehingga kalian bisa memilih headphone yang sesuai dengan budget anda. Anda juga bisa mencari di internet mengenai harga dan spesifikasi headphone yang mau di beli, setelah itu bandingan dengan budget yang ada.
  2. Bentuk headphone
    Ada beberapa jenis bentuk headphone, jadi sebelum kalian memilih lebih baik pikirkan terlebih dahulu bentuk headphone yang ingin kalian beli. Ada 3 macam headphone / headset yaitu over ear (bentuk yang speakernya menutupi telinga), earbuds (model headphone yang menempel di lubang telinga tapi tidak masuk), dan in ear ( model headphone yang masuk di lubang telinga).
  3. Kegunaan
    Kalian juga harus menentukan headphone jenis bentuk apa yang kalian inginkan dengan selere musik yang kalian suka. Seperti lagu hip hop, metal sangat cocok dengan earphone tipe warm (suara yang dikeluarkan cenderung bass,  suara bass yang dikeluarkan sedikit agak kecil), Aliran rock, klassik sangat cocok untuk headphone jenis bright ( suara yang di keluarkan cenderung treble) atau bisa natural (treble dan bass seimbang), dsb.
  4. Spesifikasi
    a. Frekuensi : kemampuan headphone dalam merespon dengan frekuensi gelombang suara.
    b. Impedance : Untuk impedance sendiri, semakin besar itu belum tentu semakin bagus, atau sebaliknya. Namun dapat disesuaikan dengan selera kita. Biasanya headphone memiliki impedance sebesar >=32 ohm.
    c. Sensitifitas : Sensitifitas pada headphone ditunjukan oleh tulisan SPL atau disebut Sound Presseure Level dalam satuan mW atau kalau biasa ditulis desiBel.
  5. Toko Resmi
    Yang terakhir sebelum membeli headphone carilah toko resmi yang menjual headphone asli dan bergaransi. Jangan membeli di blackmarket (BM), walaupun harga murah tapi kualitas belum tentu terjamin dan garansi belum tentu ada, tapi enaknya harga jauh lebih murah daripada yang asli dan bisa ditawar.

Inilah cara memilih headphone atau earphone untuk pemula, semoga bermanfaat ya dan jangan sampai salah memilih.