Bahaya Memencet Jerawat dan Tips Mengatasinya

Bahaya Memencet Jerawat dan Tips Mengatasinya

Posted on

Jerawat adalah dimana didalam pori-pori kulit yang tersumbat dan menyebabkan terbentuknya kantung yang berisi nanah yang infeksi / radang. Menurut dari Sumber Wikipedia penyakit kulit ini banyak dialami seseorang adalah jerawat Kligmann. Seorang penelit yang meneliti mengenai masalah jerawat ternama di dunia berpendapat “Tak ada satupun didunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya”. Penyebab lainnya terjadi jerawat adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit, serta pada masa kehamilan, menstruasi, pemakaian pil KB, dan stres.

Nah berikut adalah bahaya memencet jerawat :

  1. Iritasi
    Memencet dan meremas jerawat hanya akan memperparah jerawat. Bahkan jika pun ada perbaikan maka sifatnya hanya sebentar, menurut laporan dari Georgetown University Healt Education Services. Segera setelah dipencet jerawat akan timbul lagi, sering dengan kemerahan atau iritasi. Bahkan jika anda memencet jerawat dan tampak kurang jelas, iritasi dan meradang akan meninggalkan bekas yang lebih lama dari jerawat itu sendiri.
  2. Pendarahan
    Menggaruk atau memencet pada permukaan jerawat dapat menyebabkan perdarahan. Saat jerawat berdarah, pori-pori yang tersumbat akan terbuka dan rentan meninggalkan bakteri pada kulit. Sel-sel darah putih lalu kemudian akan memerangi bakteri yang menyerang. Pori-pori akan kembali tersumbat tapi akan meradang. Dengan munculnya pembengkakan dan darah kering, jerawat akan muncul mungkin bahkan lebih terlihat daripada sebelumnya.
  3. Infeksi
    Menurut Kidshealt, memencet jerawat dapat membuat bakteri mudah masuk ke dalam kulit. Karena menyebabkan infeksi pada pori-pori yang tersumbat. membuat daerah sekitar jerawat lebih memerah dan meradang.
  4. Jaringan parut dan bekas luka
    CDC memperingatkan bahwa jika memencet jerawat dapat menyebabkan jaringan parut. Selain itu dapat melukai sekitar yang pori-pori tersumbat dapat merusak kulit secara permanen dan meninggalkan bekas luka juga. Hal ini juga berlaku pada lesi jerawat yang bermasalah, seperti pustula, papula, kista, dan nodul, yang semuanya bisa sangat menyakitkan.
  5. Kematian
    Jerawat Juga bisa menimbulkan kematian. Mungkin bahaya ini tidak masuk di akal sekali kan? Kenapa hanya memencet bisa menyebabkan kematian. Ini disebabkan ada area wajah kita yang seharusnya jerawat di biarkan saja, karena area ini biasanya di sebut dengan Segitiga Kematian. Karena area segitiga kematian ini terdapat saraf-saraf yang sangat penting, jika terkena saat memencet maka resiko yang diterima akan mengakibatkan kematian.

Tips cara mengatasi jerawat :

  • Saat dirumah, sering-seringlah cuci muka dan mandi minimum 2x sehari, sehari sepulang berkegiatan dan malam hari sebelum tidur.
  • Jangan pernah memencet atau sering menyentuh jerawat.
  • Berhati-hatilah memakai kosmetik pada wajah.

Saran Saya adalah sebaiknya kita jika kita mempunyai jerawat, jangan memencet jerawat, karena jika memencet akan banyak ruginya daripada untunya.

Terima kasih sudah mau mampir , semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian.