Bahaya Memakai Headset atau Headphone

Bahaya Memakai Headset atau Headphone

Posted on

Kebanyakan dari anda pasti sering membawa headset atau headphone, terlebih lagi disaat sedang bosan, menunggu, belajar, dan ingin bersantai sambil mendengarkan musik favorit masing-masing. Dan akan terasa lebih enak lagi jika memakai headset /headphone sebagai media pendengaran agar tidak merasa terganggu oleh sekitarnya.

Tanpa anda sadar bahwa memakai headset atau headphone yang terlalu sering itu tidak baik untuk telinga kita sendiri. Contohnya anda akan berangkat kerja naik motor, karena sudah merasa jalanan akan macet sampai berjam-jam lamanya, anda sudah membawa dan memakai headset dari rumah dengan riangnnya,

Nah mari kita simak dampak bahaya dari memakai headset atau headphone :

  1. Gangguan Pendengaran
    Headset yang dipakai dengan suara yang sangat kencang sering menyebabkan gangguan pendengaran. Jika dipakai dalam waktu yang cukup lama atau sering, sering merasa ada rasa mendengung atau suara denging di dalam telinga. Hal ini akan hilang dengan sendirinya, tapi jika sering dilakukan, bisa terjadi kerusakan pendengaran yang lebih parah.
  2. Kerusakan Pendengaran Permanen
    Selain rasa tidak nyaman pada telinga, penggunaan headset atau headphone dengan suara yang sangat keras dapat merusak pendengaran permanen. Anda kemungkinan bisa kehilangan fungsi pendengaran sedikit demi sedikit dan tuli. Karena itu, kurangilah volume headset Anda.
  3. Kerja Otak Terganggu
    Selain mengalami gangguan pendengaran, memakai headset atau headphone dengan suara kencang dapat menyebabkan gangguan kerja otak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Komite Emerging and Newly Identified Helat Risk menunjukkan bahwa gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dari penggunaan headset dapat merusak kerja otak. Walau belum ada hasil yang pasti, hal ini bisa jadi rambu-rambu untuk Anda agar tidak sering memakai headset.
  4. Bangun Tidur Terasa Capek
    Pada umumnya manusia tidur agar dapat mengembalikan tenaga karena mengistirahatkan otak, sebagian dari kita pasti pernah memakai headset/earphone disaat kita sedang tidur terlelap, tanpa kita sadari walaupun dalam keadaan lelap dan tidak tahu apa apa otak kita selalu bekerja karena menerima audio. Nah akibatnya setelah memakai headset atau headphone disaat tidur Anda akan merasa capek/lelah disaat terbangun.

Kesimpulan :
Itulah beberapa bahaya sering menggunakan headset / headphone. Bijaksanalah menggunakan sesuatu, ada baiknya jika kita tidak berlebihan memakainya karena sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk kita.